15 September 2009

Sekelumit lebaran di kampung kami

Bagi orang kampung seperti saya hari raya merupakan hari yang sangat indah, teringat masih kecil saya dimana hari raya merupakan lembaran baru, baru segala-galanya mulai pakaian, cat rumah dll dan juga saya yakin ini juga terjadi pada hampir setiap umat muslim di indonesia. Bahkan ketika hari raya hal yang terkadang dilarang bagi anak kecil didesa kami menjadi hal yang diperbolehkan seperti merokok, diluar hari raya pastinya dimana saja anak kecil (anak SD) dilarang oleh orang tuanya untuk merokok tapi didesa kami ketika hari raya anak seumuran itu diperbolehkan oleh orang tuanya bahkan terkadang di belikan oleh orang tua. lucu ya.. tapi jangan coba2 setelah hari raya untuk merokok lagi.
ada cerita lucu ketika saya masih kecil, waktu itu kami sekelompok ( karena biasanya kita keliling silaturrahim berkelompok sesama teman2 seumuran) bertamu disalah seorang tetangga jauh kami sekitar 1 km dari rumah kami dengan jalan kaki ketika bertamu saya dengan bangganya menyalakan rokok yang ada disaku dengan menggunakan korek api kayu, setelah rokok saya nyalakan dengan enaknya saya membuang bebas sisa kayu korek yang masih ada sisa apinya, kopipun disuguhkan oleh tuan rumah, tanpa disadari korek yang saya buang itu jatuh di tumpukan jerami kering yang ada di samping tempat saya duduk bersama dengan teman2, yach... alamat deh.. tumpukan jerami tersebut kebakar bersama dengan warung tempat jerami itu disimpan. akhirnya silaturahmi yang seyogyanya kami lakukan dengan canda dan keakraban berubah dengan hiruk pikuk memadamkan kobaran api.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar