14 September 2010

Lalapan Ikan bakar Plus Ketupat Jagung --> Maknyos....



Di Indonesia pada hari raya kayaknya kurang pas kalo belum ada masakan kupat, apalagi ditambah dengan opor ayam atau kuah lodeh yang ditambahkan rambak dan labu siyam kayaknya dipanggil pak presiden gak bakanlan noleh deh...(emang bukan presiden..).
Nah lain lagi di sumenep umumnya di pulau madura, ketupat justru akan banyak dijumpai 1 minggu setelah hari raya idul fitri. Karena di pulau madura memiliki tradisi tersendiri khusus kupat yaitu Hari Raya Ketupat yang diselenggarakan pas 1 (satu) setelah hari raya idul fitri. Konon hari raya ini hari rayanya orang-orang yang berpuasa syawal selama 6 hari. Tapi semua masyarakat di pulau madura ikut merayakannya dengan datang ke tempat-tempat wisata, kalo disumenep daratan ada 2 tempat wisata yang terkenal yaitu Pantai Slopeng dan pantai Lombang.
Lebaran ketupat tahun lalu saya bersama istri saya berinisiatif untuk membuat ketupat plus lalapan ikan bakar karena di daerah saya lumayan dekat ke pantai so ikan laut lumayan murah....., akhirnya pagi-pagi saya ke pantai untuk hunting ikan laut langsung dari nelayan yang baru berlabuh, saya pilih ikan yang memiliki tekstur tidak mudah remuk pada saat dibakar ada juga kakap merah hm...... ati2 loh liurnya mau jatuh tuh..... ck...ck..., dan istripun masak ketupat, tapi saya ingin nostalgia masa lalu saya yaitu makan ketupat yang terbuat dari beras jagung (jagung yang sudah diselep), sebelumnya saya sudah pesan beberapa buah pada istri.
Dan akhirnya sajian pada hari raya ketupat pun sudah siap disantap.......

2 komentar:

  1. mantap pak... ajak2 dong kalo bakar2

    BalasHapus
  2. asal alamat pasti dan lengkap pasti tak undang deh ....:)

    BalasHapus