24 Januari 2011

Benarkah processor core i3 tidak support windows XP...?

Gunjang-Ganjing tentang processor terbaru keluaran intel (core i3, i5 dan i7) cepat-sih cepat tapi jika berjalan di windows tujuh (win7) tapi tidak untuk di windows xp, benarkah..?
Beberapa waktu lalu saya ke IT mall surabaya (THR) dan mencari laptop yang support untuk windows xp, karena teman kebetulan kurang begitu tertarik dengan windows 7, sebelumnya saya memang sudah pernah mendengar dari teman bahwa processor seri core i tidak support untuk diinstal windows xp. alasannya yang berat lah, bluescreen lah... Akhirnya saya masuk ke toko yang memang menjadi langganan saya dan saya ditawari notebook hp presario dengan processor core i3, namun saya tidak mau karena alasan tidak bisa diinstal windows xp. tapi teman saya si karyawan toko tersebut menjelaskan jika notebook yang ditawarkan pada saya bisa diinstal windows xp. Nah disinilah saya mulai berfikir masak iya ya processor seri core i tidak bisa diinstal windows xp padahal secara logika dengan FSB dan cache yang lebih tinggi harusnya justru lebih enteng jika dinstall windows xp, pasti ada yang salah nih. Akhirnya saya teringat sebelumnya saya atau mungkin sobat2 juga pernah mengalami hal yang sama ketika harus menginstal notebook unutk proc. dual core atau core2duo beberapa merek notebook, kita butuh merubah pada setting biosnya "MENDISABLE SATA" atau jika tidak ada fasilitas disable "SATA" kita harus membuat windows xp yang support SATA.
Jadi tidak ada yang tidak mungkin, cobalah disable "SATA" atau buat windows xp yang support "SATA" sesuai merek dan tipe notebook anda jika anda ingin menginstal windows xp pada notebook dengan proc. core i.

15 komentar:

  1. bisa juga karena drivernya tidak tersedia/ atau belum terinstall jika terasa lambat... :)

    BalasHapus
  2. saya juga mengalami masalah seperti itu. driver sudah teringrate, instalasi sudah berhasil, tapi tetep aja lambat..
    apakah anda ada solusi?

    BalasHapus
  3. Ada beberapa kemungkinan yang bisa membantu pak:
    1. Matikan/disable sata di bios dengan masuk ke bios atau jika memungkinkan buat windows xp dengan menambahkan sata ahci.
    2. setelah windows terinstal jangan dulu menginstall apapun.
    3. install driver dengan urut2an sbb :
    a. install chipset kemudian restart
    b. install audio driver kemudian reastart
    c. install vga driver kemudian restart lagi
    d. baru install semua driver yang lain hingga selesai semua.
    4. setelah driver terinstall semua restart lagi baru kemudian install yang lain. ribet ya... he... he....tapi sudah pernah saya lakukan dan berhasil.
    selamat mencoba dan semoga berhasil

    BalasHapus
  4. tak coba ah..

    BalasHapus
  5. thank info a mas tadi a saya coba instal windows xp pada i core 3 gak bsa trus saya coba mendisablekan
    dan berhasil...nice info

    BalasHapus
  6. kalau gak bisa kasih sama saya di jamin selesai kalau cuma win xp ma gampang

    BalasHapus
  7. windows xp --> core i3 --> ngeebutttt abisss

    BalasHapus
  8. maksudnya disable sata???
    AHCI di jadikan ke IDE kah?
    tapi tetep lambat XP saya...

    BalasHapus
  9. Salam Bro,...
    Mohon bantuan neh...
    saya ada laptop biosnya sdah di password oleh orang lain, jd tak bisa untuk disable sata,...
    gimana caranya harus membuat windows xp yang support SATA
    mohon Info dan bantuanya ya...

    Thanks

    BalasHapus
  10. untuk CORE i5 sama g gan, tolong bantuannya, kebetulan saya juga g suka win 7.

    BalasHapus
  11. punya gue kok aman2 aja...

    BalasHapus
  12. apakah core i3 support windows 8?

    BalasHapus
  13. apakah windows XP nya perlu di edit gan...
    mohon penjelasanny

    BalasHapus