2 Januari 2009

Tips Hidup tenang tanpa beban

Terkadang kita merasa tidak tenang dalam menjalani hari-hari dalam hidup kita, benar kata pepatah makan tak enak tidur tak nyenyak, ada saja yang menghantui entah kepikiran pekerjaan dikantor, janji yang belum ditepati hingga tagihan hutang yang sudah dekat jatuh tempo, berikut ini ada bebera tips yang mungkin berguna untuk diketahui teman2 :

  1. Hilangkan rasa iri, dengki.

    Iri, hamper semua dari kita pastinya ada sifat ini dalam diri kita dan kadang kita secara tidak sadar juga sedang mengalaminya, hanya egolah yang terkadang menutupi dan enggan kit untuk mengakuinya, mengapa saya merasa perlu untuk menghilangkan rasa iri dikarenakan hati kita tidak akan pernah tenang tatkala kita harus memikirkan barang atau apalah yang belum mampu kita memilikinya sedangkan orang disekitar kita mampu. Namun rasa iri bisa kita gunakan sisi positifnya yaitu berusahalah untuk memilikinya juga dengan cara dan niat yang baik.

  2. Rasa Riya' (Pamer).

    Pamer atau riya' sifat yang sangat membuat kita tidak akan pernah tentram karena kita harus berjalan dengan membusungkan dada (sakit kan… dada kita J ).

  3. Hindari janji yang belum pasti kita bisa menepatinya.

    Kita berjanji berarti kita memberikan sebuah harapan pada orang lain. Maka sebaiknya kita tidak berjanji jika tidak bisa kita tepati meski saya percaya semua orang ingin menepatinya, hanya kendala yang terkadang mengharuskan kita tidak menepatinya maka sebaiknya jangan pernah berjanji jika kita tidak pasti bisa menepatinya.

  4. Hindari hutang

    Tanpa hutang mungkin tidak mungkin ya.. saya yakin berhutang pernah dilakukan siapa saja meskipun hanya 100 perak dan orang terkayapun pasti deh punya hutang. Hal yang satu ini jika bisa dihindari deh… bukannya apa ya, apalagi hutang bukan pada jalur yang legal seperti Bank, Kartu kredit atau pada koperasi tempat kita bekerja, hutang2 semacam ini tidak terlalu menjadi kendala dikarenakan kita sudah pasti dipotong gaji kita, paling dampaknya gaji kita tekor karena terpotong hutang tersebut. Hutang perorangan inilah yang akan bikin kita puyeng…. Apalagi pas waktunya janji bayar.. wah kacau tuh pikiran So.. hindari hutang untuk ketenangan hidupm kita.

  5. Selalu berfikir positif

    Berpikir positif (positive thingking) sangat dianjurkan, karena kita akan pasrah dan yakin akan apa yang akan terjadi, serta kita ibaratnya losss/plong dengan segala sesuatu tanpa harus memikirkan sesuatu yang tidak2.

 

2 komentar:

  1. tak tambahi yo mas dab.....

    6. SAbar dan Ikhlas
    7. Pemaaf

    salam kenal dan salam super...

    BalasHapus
  2. he.. iya mas tambahannya inti dari semuanya :)
    salam kenal kembali mas...

    BalasHapus